TUTORIAL INSTALASI WINDOWS 7 ULTIMATE

By: ALFIAN IRYANTO

Berikut adalah beberapa hal yang paling penting Anda harus mempertimbangkan ketika merencanakan untuk instalasi Windows 7 Anda :

  •     Periksa Persyaratan Sistem
  •     Periksa Hardware dan Kompatibilitas Software
  •     Tentukan Pilihan Partisi Disk
  •     Lengkapi Daftar Periksa Pra – Instalasi

Microsoft menyatakan spesifikasi minimum yang disarankan untuk Windows 7 :

  •     1 GHz 32 – bit atau prosesor 64 -bit
  •     1 GB memori sistem
  •     16 GB ruang disk yang tersedia
  •     Dukungan untuk DirectX 9 grafis dengan memori 128 MB
  •     DVD – R / W Drive
  •     Akses internet ( untuk mengaktifkan dan mendapatkan update )

PROSES INSTALASI

1. Lakukan boot komputer Anda melalui DVD Windows 7. Sebelumnya, pastikan setting pada BIOS komputer sudah diset untuk melakukan boot dari DVD drive anda. Pada Motherboard telah menyediakan fasilitas pilihan boot yang dilakukan dengan cara menekan tombol F10 (tombol ini dapat berbeda-beda sesuai dengan motherboard yang digunakan). Lalu akan konfirmasi boot yang dilakukan melalui CD/DVD. Tekan Tombol apa saja pada keyboard untuk melanjutkan.

windows 7 1

2. Setelah proses loading file selesai, maka akan muncul konfigurasi untuk menentukan bahasa, format waktu, dan mata uang, serta tipe keyboard yang digunakan. Setelah anda memilih, klik Next.

install_win7_3-533x400

3. Pada Tahap ini, Klik Install Now

install_win7_4-533x400

4. Pada bagian ini, pilih checkbox I accept the license terms, lalu Klik Next.

install_win7_5-533x400

5. Karena Komputer masih baru di instal oleh windows 7 jadi anda memilih pilihan yang Custom (advanced) . Pilihan Upgrade digunakan jika anda melakukan install Windows dengan cara Upgrade.

install_win7_6-533x400

6. Tahap berikutnya adalah untuk memilih partisi instalasi. Karena komputer ini memiliki hard disk baru yang belum diformat sebelumnya, Anda hanya akan memiliki pilihan untuk membuat partisi baru di atasnya. Jika Anda tidak ingin menentukan sebuah partisi khusus untuk menginstal Windows, atau membuat partisi pada hard disk Anda, klik Next untuk memulai instalasi. Jika Anda sudah memiliki partisi lain yang ada dengan ruang kosong yang cukup dan ingin menginstal Windows 7 pada partisi untuk membuat suatu konfigurasi multiboot, pilih partisi yang ingin Anda gunakan, dan kemudian klik Next untuk memulai instalasi. Jika Anda ingin membuat, memperluas, menghapus, atau memformat partisi, klik Drive options (advanced), klik opsi yang Anda inginkan, dan kemudian ikuti petunjuk.

Doc2

7. Berikutnya adalah proses install. Tunggu beberapa saat hingga proses ini selesai.

step-10

8. Setelah proses di atas selesai, maka sistem akan melakukan restart. Jika pada saat booting muncul konfirmasi untuk melakukan boot dari CD/DVD seperti langkah-1, maka biarkan saja, jangan menekan tombol apapun pada keyboard. Berikutnya proses install akan berlanjut.

windows 7 13

9. Proses install akan berlanjut secara otomatis.

step-16

10. Pada saat proses install, sistem akan melakukan restart komputer beberapa kali.

windows 7 16

11. Pada Windows 7, proses install (setup) lebih banyak dilakukan secara otomatis oleh sistem.

windows 7 18

12. Proses instalasi Windows 7 sudah selesai. Pada tahap awal menggunakan Windows, masukkan data nama pengguna (username) dan nama komputer, lalu klik Next.

windows 7 19

13. Berikutnya masukkan password Anda. Jika anda tidak mau memakai password langkah langsung dilewati saja, lalu klik Next.

install_win7_10-533x400

14. Masukkan kunci produk (product key) yang didapat pada saat Anda membeli paket Windows 7, selanjutnya klik Next.

install_win7_11-533x400

15. Lalu, anda harus memasukkan format waktu dan tanggal sesuai tempat domisili anda, lau klik Next.

install_win7_13-533x400

16. Tentukan tempat paling sering komputer digunakan. Anda dapat memilih Home jika komputer sering digunakan di rumah. Tapi jika komputer paling sering digunakan di tempat kerja anda bisa memilih Work network, jika yang paling sering adalah di tempat umum pilih lah Public network.

install_win7_141-533x400

17. Jika Anda ingin langsung menerapkan sistem perlindungan pada Windows, pilih Use recommended settings, namun jika Anda ingin menerapkannya belakangan, pilih Ask me later

install_win7_12-533x400

18. Setelah Anda menetapkan bermacam-macam, maka selanjutnya adalah proses loading Windows.

windows 7 6

19. Welcome to Windows 7 Ultimate

install_win7_15-533x400

Tinggalkan komentar