TUGAS RESUME “SISTEM KOMPUTER”

A. Pengertian Sistem Secara Umum Adalah Kumpulan elemen-elemen yang saling berhubungan untuk membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu pokok sistem fungsi.

B. Pengertian sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen computer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.  Perangkat computer harus bisa difungsikan secara komperehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi demi untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi.

C. Tujuan pokok sistem komputer yaitu mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak(software), dan brainware(manusia).

D. Hubungan antara Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak), dan Brainware (manusia).
1. Jika hanya ada hardware di komputer tersebut, maka komputer sudah rusak.
2. Jika hanya ada software di komputer tersebut, maka komputer tidak akan bisa beroperasi. karena tidak monitor dan lain sebagainya.
3. Jika hanya ada brainware di komputer tersebut, maka komputer tidak bisa lagi beroperasi. karena jika tidak ada manusia, komputer hanya benda pajangan saja.
Maka dari itu hardware, software, dan brainware adalah satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan dari suatu komputer, jika salah satu dari ketiga tersebut hilang maka fungsi utama dari suatu komputer telah hilang.
1.Hardware
Hardware merupakan perangkat keras yang dapat di gunakan untuk mengumpulkan, memasukkan, memproses, menyimpan, dan mengeluarkan hasil pengolahan data dalam bentuk informasi.
jenis-jenis hardware, yaitu:
1. Input Device
2. Processing Device
3. Output Device
4. Storage (internal dan eksternal)
5. Peripheral
2.Software
Software adalah kumpulan progam yang di gunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu pada komputer, sedangkan progam adalah kumpulan perintah komputer yang tersusun secara sistematis.
jenis-jenis software, yaitu:
1. Operating System atau biasa di singkat dengan “OS”
2. Application Software
3. Progamming Language( Bahas Pemrogaman)
3. Brainware
Manusia bertugas yang berbeda-beda pada komputer, ada yang bertugas sebagai perancang, pemrogaman, dan ada yang sebagai pemakai. lalu, syarat-syarat menjadi brainware haruslah mempunyai akal yang sehat, pikiran yang jernih, dalam keadaan sadar, dan dalam keadaan Waras.
F. Penggolongan Komputer di bagi dalam berbagai sudut pandang ada 4, yaitu:
1. Berdasarkan data yang di olah di bagi menjadi 3, yaitu:
a. Analog Computer: data nya berupa gelombang, bersifat kontinyu, dan proses nya cepat.
b Digital Computer: datanya berupa digit/angka, dan hasilnya lebih tepat
c. Hybrid Computer: Gabungan antara analog dan digital computer.
2.Berdasarkan Penggunaanya di bagi menjadi 2, yaitu:
a. Special-purpose computer:  hanya di peruntukkan dalam penggunaan yang khusus seperti GPS, dan Analog Computer.
b. General-purpose computer:  terdapat komputer-komputer yang ada di lingkungan kita sekarang umumnya seperti Digital Komputer.
3. Berdasarkan Ukuran
A. Micro computer, Mini Computer, Small Computer termasuk dalam PC atau ‘PERSONAL COMPUTER’
B. Medium Computer, Large Computer, Super Computer adalah komputer yang di gabungkan jadi datu tempat yang bisa di gunakan oleh semua orang.
4. Berdasarkan Generasi
a. Komputer Generasi Pertama (1944-1958)
b. Komputer Generasi Kedua (1959-1963)
c. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
d. Komputer Generasi Keempat (1971-1990)
e. Komputer Generasi Kelima (1990-sekarang)

Tinggalkan komentar